Sabtu, 08 Oktober 2016

Pernah Berkata Rasis, Ghana Bakal Hilangkan Patung Gandhi


MANIS77 - Pemerintah Ghana akan menghilangkan patung Mahatma Gandhi dari universitas utama di negara itu. Musababnya, pejuang kemerdekaan India itu pernah berkomentar rasis terhadap rakyat Afrika semasa hidup.

Kementerian Luar Negeri Ghana pada 6 Oktober 2016 lalu membuat pengumuman rencana penghapusan patung Mahatma Gandhi. Rencana itu tak lepas dari kampanye sekelompok dosen dan mahasiswa University of Ghana agar patung Gandhi disingkirkan dan diganti patung pahlawan Afrika.

“Karena itu, pemerintah ingin merelokasi patung (Gandhi) dari University of Ghana untuk memastikan keamanan dan untuk menghindari kontroversi. Itu menjadi gangguan (dari) ikatan persahabatan kami yang kuat,” kata Kementerian itu melalui seorang juru bicara mengacu pada persahabatan Ghana dan India.

Gandhi yang menjadi simbol perjuangan kemerdekaan India terhadap pemerintahan Inggris telah menjadi inspirasi bagi para pemimpin kemerdekaan Afrika. Pemimpin Ghana, Kwame Nkrumah, yang meraih kemerdekaan dari pemerintahan Inggris pada tahun 1957 adalah salah satunya.

Kendati demikian, beberapa sejarawan mengatakan bahwa Gandhi sendiri tidak percaya pada kesetaraan selama beberapa tahun semasa hidupnya.

Jad Adams, penulis buku “Gandhi: The True Man Behind Modern India” mengatakan bahwa Gandhi sering menyebut orang kulit hitam dengan sebutan “kafir”. Komentar rasis Gandhi yang diungkap sejarawan inilah yang memicu agar patung Gandhi disingkirkan.(IB Times)


Bodyguard Kim Kardashian Diduga Terlibat Perampokan 
Sopir Taksi Selamatkan Kakek dari Penipuan Rp2,5 M
Sidak ke Samsat Ganjar Pranowo Temukan Pungli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar